Pages

Subscribe:

Minggu, 12 Februari 2012

CAARA MERAKIT ATAU MENGGANTI MESIN TV


Dalam memprbaiki TV kadang saya menemui jalan buntu (terlalu rumit untuk di deteksi komponen yang rusak, komponen untuk pengggantinya sudah tidak tersedia di pasaran karena pesawat yang sudah lama, atau karena harga komponen yang sangat mahal. Jika sudah demikian maka saya segera memberikan solusi terbaik buat pelanggan saya, dengan mengganti mesin. Jika pelanggan setuju dan cocok biayanya maka segera lakukan penggantian mesin TV. Bagaimana cara merakit atau mengganti mesin TV? ikuti langkah - langkah yang saya berikan berikut ini.

1. Pemasangan kabel defleksi yoke:
a. Pastikan resistansi yoke horizontal anda antara 1 ohm - 22 ohm dan vertikal antara 5 ohm - 25 ohm, jika tidak maka rubahlah penggambungan yoke tersebut
(paralel atau seri). Jika belum memenuhi persyaratan maka gantilh yoke nya.
b. Hubungkan kabel vertikal ke yoke vertikal dan kabel horizontal ke yoke. horizontal.Pemasangan yang terbalik akan merusak IC vertikal dan R bagian vertikal
c. Pasang konektor defleksi yoke pada konektor yang sudah tersedia di PCB.
2. Hubungkan kabel ground dari tabung ke pin yang terletak di PCB socket CRT.
Pastikan kabel ground tersambung dengan benar ! Jika tidak, maka bisa menyebabkan
kerusakan IC Program.
3. hubungkan kop Flyback ke tabung CRT dengan benar dan hati - hati.
4. Hubungkan kabel antena, panel tombol, sensor remote, dan panel AV pada tempatnya.
5. Hubungkan power switch ke PCB Chasis TV.
6. Nyalakan TV
7. Setelahk TV menyala perhatikan layar TV (vertikal dan horizontalnya) apakah sudah pas lebar nya kanan kiri dan atas bawah. Jika belum lakukan langkah - langkah sebagai berikut:
a. Jika layar kanan kiri (horizontal) kurang lebar. Pindah kabel horizontal pada pin lainnya yang tersedia di PCB, pilih pin mana yang paling lebar tampilan layarnya,setelah didapat tapi masi kuran lebar sedikit ata kelebaran sediki maka lakukanlan pengetriman pada trimpot dibagian regulator switching untuk mentesuaikan tegangan horizontal sehingga di dapat kelebaran horizontal yang cukup.
b. Jika layar bagian kanan kiri kuranga seimbang atau ada warna blank putih maka masuklah ke mode factori dan setting lah bagian horizontalnya (cara masuk ke mode factory lihat pada posting saya KODE MENU SERVICE ( starservicego.blogspot.com/2010/02/kode-menu-service-factory.html )
c.Jika layar TV atas bawah (vertikal) kerang lebar, maka masuklah ke mode factori dan setting lah bagian vertikalnya (cara masuk ke mode factory lihat pada posting KODE MENU SERVICE )
8. Setelah pensettingan bagian horizontal dan bagian vertikal selesai maka dilanjutkan dengan pensettingan logo. Cara setting nya dapat anda baaca pada posting SETTING LOGO
9. Setelah setting logo selesai maka tutuplah box TV dan nyalakan.
10. Selesai ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar